komputer tulungagung

Tips Agar Baterai Laptop Awet

Posted by KOMPUTER TULUNGAGUNG On 28 komentar
Tips cara agar baterai laptop atau notebook tidak cepat drop alias awet. Tips ini sudah lama saya tau, dan dari pengalaman menggunakan laptop dalam hal ini baterai awet (tidak drop) dalam pemakaian 1 tahun lebih masih normal di gunakan, kalaupun ada penuruan daya tahan pemakaian baterai itupun tidak signifikan masih dalam batas normal. Tips ini saya dapat dari pakar IT terkenal Indonesia yaitu Onno W. Purbo melalui artikelnya di Internet, saya ulas kembali di sini, melihat masih banyak pelajar, mahasiswa, atau pengguna laptop yang lain, masih banyak keliru dalam penggunaan laptop yang berdampak pada cepat dropnya daya pemakaian baterai. Tau sendiri kan, bila baterai laptop atau notebook sudah drop, efeknya laptop tidak bisa dibawa kemana-mana, untuk membeli baterai baru harganya tidak murah mencapai 500rb-an.














Langsung ke inti pembahasan, tips agar baterai laptop & notebook awet :

1. Pertama kali membeli laptop baru, cas terlebih dahulu laptop sampai baterai terisi penuh (biasanya kira-kira 3 - 4 jam, tergantung baterai laptopnya). Baterai laptop telah terisi penuh, biasanya ditandai dengan perubahan lampu indikator baterai laptop (biasanya menyala merah jika baterai belum penuh dan berwarna hijau jika baterai sudah terisi penuh). Dalam keadaan laptop dicas, laptop harus alias wajib dalam keadaan mati. Ini hal sepele yang sering diabaikan saat membeli laptop baru, terkadang tidak sabar ingin cepat menggunakan laptop yang baru saja dibeli.

2. Hampir sama dengan point no.1, tapi ini lebih pada penggunaan sehari-hari. Jika baterai laptop hampir habis, segera cas kembali baterai laptop, jangan menunggu benar-benar habis baterai laptop. Dan ingat seperti point no.1, pada saat laptop dicas, laptop harus alias wajib dalam keadaan mati (hal ini yang sering diabaikan oleh pengguna laptop maupun notebook, yang berakibat pada cepat ngedropnya pemakaian baterai).

3. Untuk pemakaian di rumah atau kantor, lepas saja baterai laptop atau notebook, gunakan saja aliran listrik dari luar (alias langsung dari adaptornya). Hal inilah yang menjadikan baterai laptop awet. Kalau bisa hanya menggunakan aliran listrik luar alias dari adaptor, mengapa mesti menggunakan baterai?. Gunakan baterai hanya pada saat jauh dari aliran listrik luar, misalnya: saat di cafe, nongkrong di mall, saat kuliah, dll.

4. Terakhir pointnya. Jangan menggunakan laptop saat baterai dicas atau jangan menggunakan laptop sambil mencas laptop. Lepas saja baterai selagi bisa menggunakan listrik luar alias dari adaptor. Cara melepas baterai laptop sangatlah mudah, cukup balik laptop, biasanya ada pengait atau pengunci baterai di sisi bawah laptop, kanan-kiri bagian laptop.


Komputer & Laptop Tulungagung
Kepuasan anda tujuan utama kami

28 komentar:

Anonim mengatakan...

Bagaimana jika dalam keadaan sedang menginstal,,? Dan apa yg harus dlkukan jika pada saat penginstalan baterai telah full,, apakah harus dbiarkan saja, atau dlanjutkan kembali melakukan charger dalam keadaan mati,,? Trmksh

KOMPUTER TULUNGAGUNG mengatakan...

jawaban pilihan sudah ada di artikel... coba deh d baca pelan2 dipahami.

Anonim mengatakan...

bukane efek tambah gedhe kn,,,,

pada saat d rumah

menggunakan laptop tanpa baterai tp malah menggunakan adaptor(aliran listrik luar)akan berakibat pada komponen laptop

KOMPUTER TULUNGAGUNG mengatakan...

@anon
itu yg gw lakukan selama ini, laptop awet2 aja, batre masih bertahan lama. klo listrik d rumah sering naik turun bisa d tambahkan UPS atau stavolt yg pake motor.
mending beli UPS 200rb - 300rb. dari pada batre jadi drop. harga batre bisa ampe 500rb.
ini pilihan q. so... pilihan ditangan anda.

Unknown mengatakan...

thanks tips nya, simple dan menarik.

niez mengatakan...

mkasih infonya gan.. kata tmen saya juga begitu.. ntar saya coba dech!!

linkkhusus.rudi@blogger.com mengatakan...

siip dah gan,,

Anonim mengatakan...

bagaimana denngan artikel yang menyebutkan bahaya laptop tanpa baterai yang langsung dihubungkan ke listrik lebih besar karena dapat merusak hardware laptop....

Anonim mengatakan...

arus yg masuk langsung ke komponen komputer tanpa lewati baterai akan memperpendek usia komponen komputer, akibatnysa fatal kan, adapter dan baterai sebagai filter arus..

Anonim mengatakan...

Maaf nih ya, kan listrik di Indonesia sering mati, apa gak riskan hanya mengandalkan listrik rumahan?

Anonim mengatakan...

klo ga pake batre otomatis listrik ngalir trus ke laptop kan gan n bisa ngefek ke LCD laptop jdi rusak...

hotforex mengatakan...

informasi bagus gan, tapi makin bingung, ada yang bilang kalo mencolokkan listrik langsung tanpa batre resiko di moterbot, ada yang bahas gunakan laptop layaknya pc. bingung mana yang di ikuti karena semua yang bahas berdasarkan pengalaman termasuk agan

Unknown mengatakan...

aduh saya ingin bertanya, saya baru membaca artikel blog lain dan mengatakan tidak baik melepas baterai akan merusak hardware laptop ? :(
mohon bantuannya

Anonim mengatakan...

kalo batre d lepas dan cmn pkek aliran listrik mlah ngrusak motherboard laptop gan . Mending mana coba batre rusak ap motherboard'a yg rusak ? :v . Pemakaian setaun sih emg msi blm gt kliatan efek'a ~

Anonim mengatakan...

menyesatkan

KOMPUTER TULUNGAGUNG mengatakan...

@yg bilang menyesatkan silahkan itu pendapat ente.

yg jelas sy posting artikel bukan tanpa sy buktikan sendiri. sampe sekarang ini laptop kedua saya merk lenovo hampir on 24jam nonstop tiap hari, jika tidak sy gunakan sy tutup layar lcd, tanpa sutdown. sampe sekarang aman" saja.

kebanyakan pengguna laptop sering menggunakan laptop memasang batre juga menancapkan ke aliran adaptor dr listrik luar. jelas itu perlahan lahan merusak daya simpan batre. untuk masalah merusak matherboard tidak akan ada bedanya, dipasang batre dengan tidak d pasang batre, sama" mendapat aliran dari adaptor. batre tidak menstabilkan aliran listrik pada laptop. karena aliran listrik dari batre laptop dan dari adaptor terpasang secara paralel.

Beda cerita jika menggunakan UPS antara UPS dan laptop terpasang secara seri. di pasang UPS pun sebenarnya tidak aja jaminan untuk tidak merusak board laptop, hanya mengurangi resiko.

jadi pilihan ada pada pribadi masing", cara ini yg sy gunakan selama ini, laptop aman" saja. batre laptop masih awet.

jika py pendapat lain silahkan d share d sini (tidak dengan mengatakan sekedar menyesatkan)untuk pendapat bisa lebih bisa d terima, dengan bukti teori logika pengalaman yg sudah teruji.

TECHNICAL COMPUTER mengatakan...

sy setuju dengan postingan ini, adaptor saja sudah cukup dalam pembatasan energi yg masuk. sy sudah hampir 3 thn menerapkan teori tsb, baterai sy msh awet.

Thxs

Anonim mengatakan...

saya memang sdh coba demikian,dan baterai maih awet.turun naik arus sy atasi dg stabiliser.sy lakukan ini berdasar logika,kebetulan sy hobby elektronika

Unknown mengatakan...

pernah gak pakek batrie ,,,, akhirnya regulator nya yang kena ... mati

law mnrut pengalaman quw mending pakek batrie ajja .... gan semua

KOMPUTER TULUNGAGUNG mengatakan...

@tecnical & anon
thank sharingnya

@agung
di pasang batre pun ada yg pengalaman regulator putus, malah batre cepet drop.

Anonim mengatakan...

thanks,,,, sangat berguna!! :)









Unknown mengatakan...

aku mau tanya, laptop aku itu kalo di cas dia warnanya merah kalo udh ful berubah jadi ijo, pas udah berubah ijo dan di cek batre nya belum full 100% masih sekitar 94% itu gimana biar warnanya berubah ijo tapi emang daya batrenya udah full
thx

peyank mengatakan...

ada point yang bagus di ataas, namun untuk saran pemakaian laptop tanpa batrey sama sekali tidak setuju, dalam beberapa kasus yang saya tangani, laptop mati karena IC powernya mati di akibatkan arus yg berlebih dari listrik unstabil, memang batrey awet namun akibatnya mainboard jadi kena listrik langsung. Menurut saya pemakaian batrey sambil di charge sah sah saja.... saya punya 3 laptop umur 1 tahun lebih dan ndak drop tuh ?????? justru karena pemakaian tanpa batrey itu yang berakibat matinya logic board. maaf sudah pernah baca alur arus listrik / pembagian listrik pada logicboard laptop ?

Unknown mengatakan...

Sy share juga ya..

memang banyak di forum2 sebelah yang bilang mengatakan bahwa menggunakan laptop tanpa baterai+dicolok charger membahayakan komponen dalam laptop dan alhamdulillah seumur2 belum pernah ngalamin hal2 horor yang sering disebutkan di forum2 tsb. sy sempat mencoba memainkan game dalam kondisi baterai terpasang+dicolok charger. hasilnya? aneh.. suhu laptop jd panas bgt, lebih panas daripada saat sy memainkan game dalam kondisi tanpa baterai. game yg sy mainkan pun jd patah2, ngelag, sempat crash juga. akhirnya sy kembali ke habitat lama, memainkan game dalam kondisi laptop tanpa baterai+dicolok charger.. sy akalin dgn tdk memainkan game terlalu lama, max. 2 jam utk menghindari game bekerja terus menerus atau listrik mati saat laptop digunakan. sampe sekarang laptop sy masih aman2 aja alhamdulillah :)

Anonim mengatakan...

YANG JELAS BATERAI ADA MASA NYA HANYA BERAPA KALI CHARGE, JADI KALO UDAH MELEBIHI MASA ITU MAKA AKAN MENURUN KUALITAS BATERAINYA. SO KALO UDAH GKK BISA NYIMPAN DAYA,MENDING GANTI BATERAI BARUU :D

Anonim mengatakan...

BELI BARU AJA, KARENA BATERAI ADA MASA BERAPA KALI CHARGENYA, KALOK DAH MELEBIHI MASANYA, MAKA AKAN MENURUN KUALITASNYA

Unknown mengatakan...

saya sarankan lepas baterai dan beli UPS, solusi paling mantep menurut saya

Unknown mengatakan...

saya setuju sama postingan ini
saya sudah buktikan, saya pake laptop saya sehari kurang lebih 12 jam tanpa mati, dan tetep pake batre
tp ternyata sekarang batre saya di cas gak bisa penuh, cuma sampe 80%
mendingan pake laptopnya gak usah pake batre
tentang kelebihan tegangan, cas laptop kan udah ada adaptornya, adaptor tsb outputnya dc, jadi aman meski listrik drop
adaptor udah didesain outputnya. misalkan output tertulis 5v. brrti tegangan yg msuk ke laptop tetep 5v meski tegangannya drop

Posting Komentar

Memberi tanggapan, ingin bertanya, kritik dan saran? bisa lewat komentar, semoga bisa membantu.